SOTK

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
KECAMATAN SRENGAT
DESA SELOKAJANG

 

SUSUNAN ORGANISASI PEMERINTAHAN DESA

Pemerintah Desa adalah Kepala Desa dibantu Perangkat Desa, tediri atas :
1. Sekretaris Desa
2. Pelaksana Kewilayahan dan
3. Pelaksana Teknis

URAIAN TUGAS DAN FUNGSI

KEPALA DESA
Kepala Desa mempunyai tugas :
1. Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
2. Kepala Desa memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :
a. menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah;
b. melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan;
c. pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan;
d. pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna;
e. menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

SEKRETARIS DESA
Sekretaris Desa mempunyai tugas :
1. Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan.
2. Sekretaris Desa mempunyai fungsi :
a. melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi;
b. melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum;
c. melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa,Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya;
d. melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data – data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.
3. Uraian tugas sekretaris desa meliputi :
a. menyusun rencangan produk hukum desa;
b. mengundangkan produk hukum desa;
c. menyusun Rancangan LPPD, Rancangan IPPD dan Rancangan LKPJ Kepala Desa;
d. melakukan koordinasi pelaksanaan tugas perangkat desa lainnya;
e. memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan;
f. memberikan pelayanan administrasi;
g. melakukan penatausahaan keuangan desa;
h. menyusun Rancangan RPJMDesa, Rancangan RKPDesa dan Rancangan RAPBDesa;
i. menginventaris dan mengelola asset desa;
j. mengelola administari kepegawaian;
k. mengumumkan informasi Pemerintahan Desa kepada masyarakat;
l. memfasilitasi pelaksanaan rapat dan musyawarah desa;
m. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
4. Dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan Sekretaris Desa dibantu Kepala Urusan sebagai unsur staf sekretariat, terdiri atas.
A. Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum
1) Kepala urusan tata usaha dan umum mempunyai fungsi seperti :
a. melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi; dan
b. penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian asset, inventarisasi, perjalanan dinas dan pelayanan umum.
2) Uraian tugas Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum meliputi :
a. mengelola tata naskah administrasi desa;
b. melakukan administrasi surat masuk dan surat keluar;
c. melakukan penataan arsip desa;
d. pendistribusian dokumen;
e. mengelola administrasi kepegawaian;
f. penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor;
g. menyiapkan bahan pelaksanaan rapat dan musyawarah desa;
h. mencatat dan menginventarisir aset desa;
i. memelihara aset desa;
j. menyiapkan pelaksanaan perjalanan dinas;
k. memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat;
l. menyiapkan berkas-berkas dalam pelayanan kepada masyarakat;
m. mencatat hasil pelayanan administrasi;
n. melaporkan hasil pelayanan administrasi;
o. mengelola arsip pelayanan;
p. melakukan koordinasi pelaksanaan tugas Staf (karyawan) desa lainnya;
q. melakukan koordinasi terkait keamanan dan kebersihan lingkungan Kantor Desa; dan
r. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
B. Kepala Urusan Keuangan
1) Kepala urusan keuangan memiliki fungsi seperti :
a. melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan pemerintahan desa;
2) Uraian tugas Kepala Urusan Keuangan meliputi :
a. menatausahakan administrasi keuangan desa;
b. mencatat dan menginventarisasi sumber pendapatan desa;
c. melakukan verifikasi administrasi keuangan desa;
d. mengelola administrasi penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa; dan
e. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
C. Kepala Urusan Perencanaan
1) Kepala urusan perencanaan memiliki fungsi seperti :
a. mengoordinasikan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa;
b. menginventarisir data – data dalam rangka pembangunan;
c. melakukan monitoring dan evaluasi program serta penyusunan laporan.
2) Uraian tugas Kepala Urusan Perencanaan meliputi :
a. menyiapkan bahan penyusunan RAPBDesa;
b. menyusun RAPB Desa;
c. menyiapkan bahan perencanaan pembangunan desa;
d. menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan;
e. mengelola arsip perencanaan pembangunan desa;
f. melakukan monitoring dan evaluasi program;
g. menyiapkan bahan penyusunan RPJMDesa dan RKPDesa;
h. menyiapkan bahan penyusunan LPPD, IPPD dan LKPPD Kepala Desa; dan
i. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa.

PELAKSANA KEWILAYAHAN
Pelaksana Kewilayahan adalah Kamituwo yang mempunyai tugas :
1. Kamituwo berkedudukan sebagai usur satuan tugas kewilayahan yang bertugas membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan tugasnya diwilayahnya.
2. Kamituwo mempunyai fungsi :
a. Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, penataan dan pengelola wilayah;
b. Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya;
c. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam kemmpuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya; dan
d. Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
3. Uraian tugas Kamituwo meliputi :
a. membantu pelaksanaan pemerintahan desa di wilayah kerjanya;
b. membantu pelaksanaan pembangunan desa di wilayah kerjanya;
c. membantu pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan desa di wilayah kerjanya;
d. membantu pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa di wilayah kerjanya; dan
e. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala desa.

PELAKSANA TEKNIS
Pelaksana Teknis adalah Kepala Seksi yang mempunyai tugas :
1. Kepala Seksi membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan tugas operasional.
A. Kepala Seksi Pemerintahan
1) Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :
a. Melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan, menyusun rancangan regulasi desa;
b. Pembinaan masalah pertanahan, keamanan dan ketertiban;
c. Pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah; dan
d. Pendataan dan pengelola Profil Desa.
2) Uraian tugas Kepala Seksi Pemerintahan meliputi :
a. Melaksanakan menajemen tata praja pemerintahan;
b. Menyusun rancangan regulasi desa;
c. Mencatat dan menginventarisir pelaksanaan kerjasama desa;
d. Melaksanakan pembinaan permasalahan pertanahan;
e. Mencatat dan mengiventarisir permasalahan pertanahan;
f. Mencatat dan mengiventarisir hasil Pemilu, Pilkada dan Pilkasdes;
g. Mencatat dan mengiventarisir kepengurusan organisasi social politik dan organisasi kemasyarakatan yang ada didesa;
h. Mencatat dan mengiventarisir tingkat gangguan ketentraman dan ketertiban;
i. Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban;
j. Melaksanakan upaya perlindungan masyarakat;
k. Melaksanaan pembinaan siskamling;
l. Mencatat dan mengiventarisir dokumen kependudukan;
m. Mencatat dan menginventarisir data kependudukan dan perubanhannya;
n. Melaksanakan pennataan dan pengelolaan wilayah desa;
o. Mencatat dan mengiventarisir luas, peruntukan dan pemanfaatan tanah di desa serta perubahannya;
p. Melaksanakan pendataan dan pengelolaan profil desa; dan
q. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
B. Kepala Seksi Kesejahteraan
1) Kepala Seksi Kesejahteraan mempunyai fungsi :
a. Melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan;
b. Pembangunan bidang Pendidikan;
c. Pembagunan bidang Kesehatan; dan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup;
d. Pemberdayaan keuarga, pemuda, olahraga dan karang taruna.
2) Uraian tugas Kepala Seksi Kesejahteraan meliputi :
a. Melaksanakan penyiapan bahan untuk perencanaan pembangunan desa;
b. Melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan;
c. Menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan pendidikan;
d. Melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan;
e. Menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan kesehatan;
f. Melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan;
g. Melaksanakan inventarisasi usaha mikro;
h. Melaksanakan pencatatan hasil-hasil pembangunan desa;
i. Melaksanakan pengendalian pelaksanaan pembangunan desa;
j. Melaksanakan Indentifikasi permasalahan pembangnan desa;
k. Melaksanakan sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna; dan
l. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
C. Kepala Seksi Pelayanan
1) Kepala Seksi Pelayanan mempunyai fungsi :
a. Melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat;
b. Meningkatkan upaya partisipasi masyarakat;
c. Pelestarian nilai sosial budaya masyarakat; dan
d. Pelestarian nilai sosial budaya keagamaan dan ketenagakerjaan.
2) Uraian tugas Kepala Seksi Pelayanan meliputi :
a. Melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat;
b. Meningkatkan upaya partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa;
c. Melaksanakan kegiatan keagamaan;
d. Melaksanakan pembangunan di bidang ketenagakerjaan;
e. Meningkatkan kemampuan danpotensi masyarakat desa dalam rangka mendorong jiwa entrepreneur masyarakat desa dan menciptakan lapangan pekerjaan;
f. Meningkatkan perlindungan tenaga kerja dari masyarakat desa;
g. Mencatat dan menginventarisasi permasalahan pendidikan masyarakat di desa;
h. Mencatat dan menginventarisasi permasalahan kesehatan masyarakat di desa;
i. Mencatat dan menginventarisasi permasalahan kemiskinan masyarakat di desa;
j. Menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan pengentasan kemiskinan;
k. Mencatat dan menginventarisasi permasalahan kebudayaan, pemuda dan olahraga serta wisata di desa; dan
l. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.